Memanfaatkan Foto dan Video untuk Konten Orisinil.

Konten Orisinil bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terkadang kita sedang kumpul dengan teman, keluarga membicarakan anak masing-masing, kenapa belum menikah, atau sedang dalam perjalanan dan menemukan hal menarik diperjalanan.
Bayak sekali blogger yang mendapatkan penghasilan dari foto/gambar atau video jepretan atau rekaman sendiri. Dan ini sering dilupakan oleh para blogger yang mungkin lebih suka copypaste foto atau video di internet kemudian memasukkannya di posting blog. Foto atau video mungkin saja memiliki hak cipta, Google sangat paham ini. Kita bisa melihat pada mode penelusuran gambar di Google selalu tertulis Gambar mungkin saja memiliki hak cipta, artinya kita tidak bisa sembarangan mencaplok gambar/foto milik orang lain dan mempaste-kannya di blog sendiri.
Ada baiknya kita membuat foto sendiri dan video sendiri. Foto atau video kita akan menjadi konten orisinil untuk posting blog kita.
Ada banyak momen yang bisa kita abadikan. Misalnya senyum anak-anak, atau kalo anda rajin ke kondangan,  foto atau videokan penganten pas kawinan tapi jangan pas malam pertama ya. Kalo rajin ke warnet, foto aja orang-orang yang lagi main di warnet, fotokan fasilitas yang ada di warnet itu, fotokan yang jaga (biasanya cewe cantik).
Intinya foto dan video kita haruslah asli bikinan kita, dia akan mempunyai nilai lebih dibanding hasil kopipaste. Nah, kembali ke masalah membuat konten orisinil berdasarkan niche, jepretlah foto yang menunjang niche tulisan kita nantinya. Foto juga sangat menunjang keterlihatan postingan kita di mesin pencari. Postingan bermanfaat yang disertai ilustrasi menarik jelas mempunyai nilai plus bagi pengunjung. Yang mungkin saja akan kembali lagi dilain hari.