Konten Orisinil dan berkualitas.

Mungkin sudah jadi rahasia umum,  para blogger  ingin mendapatkan penghasilan dari blognya. Kemudian mencoba memonetisasi blog dengan segala macam model advertising baik itu ppc, dan jenis lainnya.
Ada yang berhasil, sukses mendapatkan penghasilan yang tidak bisa dikatakan sedikit. Namun ada pula yang gagal karena tidak kunjung mendapatkan income kemudian meninggalkan begitu saja blognya. Seperti saya.
Apa sih sebenarnya kunci sukses seorang blogger/ pemilik situs ?. Dari hasil membaca selama ini kuncinya sederhana saja. Konten orisinil dan berkualitas. Google juga menekankan bahwa hal terpenting adalah konten. Untuk membantu membuat konten orisinil, google juga menyediakan bermacam tools yang dapat digunakan untuk membangun blog.
Lalu seperti apa konten orisinil itu ? Ada juga kok blog yang copypaste namun blognya rame dan dihiasi adsense, ada juga yang konten yang tidak kaya konten namun tetap rame dan dihiasi adsense.
Dari pengalaman saya membaca, tulislah konten yang fokus pada satu niche. Misalnya kamu hobby motor antik, tulislah secara terstruktur hal-hal mengenai motor antik. Misalnya motor merek anu buat pada satu judul, kemudian diterangkan spesifikasinya pada posting secara lengkap, hal-hal unik yang mungkin ada pada motor itu, atau harga pasarannya.
Konten orisinil memang sulit. Karena bisa saja apa yang kita sampaikan sudah ada sebelumnya di blog/ situs lain yang punya popularitas tinggi. Namun apabila cara penyampaian kita tidak umum, namun memberikan informasi yang memang dibutuhkan oleh pengunjung, bisa saja konten orisinil kita lebih baik peringkatnya di mata pengunjung dan SERP Google.
Hal tersulit dari sebuah konten orisinil adalah ide. Saya merasakan sendiri sulitnya mencari ide tentang hal-hal orisinil. Kemudian jika kita menemukan ide, tantangan berikutnya adalah menuliskan konten orisinil kita sesuai kaidah yang disukai oleh Google. Karena selain sikap kita menghadapi pengunjung blog, hal terpenting sebenarnya ya itu tadi konten orisinil kita dan penyajiannya secara tepat sesuai kaidah yang diinginkan Google.