Membuat konten berkualitas untuk blog dengan cara aktif di forum



Saat ini sudah banyak dujumpai forum yang bisa kita gunakan untuk mencari bahan menulis konten berkualitas untuk blog. Bahkan terkadang forum itu sudah menjadi niche tersendiri atau menyediakan sub-sub nice sebagai bahan pembelajaran untuk kita.
Misalnya forum ibu hamil, forum Kaskus, forum Ads.id, dan pelbagai jenis forum yang sayang utnuk dilewatkan. Biasanya forum ini memilah topik sehingga menjadi sub topic terkecil. Misalnya Keluarga dibagi lagi menjadi permasalahan rumah tangga, kehamilan , perawatan bayi dll.
Pilihlah topic yang sesuai untuk niche kita sehingga dari forum tersebut kita bisa membaca pengalaman orang lain dari replies yang diberikan,buatlah catatan kecil sebagai kerangka tulisan kita untuk kemudian dikembangkan nantinya. Dan perlu diingat lagi jangan copypaste membabibuta, karena tentu saja nanti konten kita tidak akan orisinil lagi.
Pada forum tertentu biasanya akan dijelaskan suatu topic/thread yang membahas suatu masalah sebagai garis besar untuk kemudian ditanggapi dan diberikan penjelasan oleh admin yang membuat postingan. Jangan dilupakan pula, kalo kita memahami maksud postingan itu, namun ada hal-hal yang belum dimengerti kita bias bertanya dengan harapan bias meninggalkan jejak berupa livelink. Saya pernah merasakan manfaat dari meninggalkan jejak di Kaskus. Sebanyak 700 pengunjung dalam satu hari hanya karena berkomentar terhadap suatu postingan dan menitipkan link menuju blog saya.
Akan banyak sekali ilmu yang kita dapat dengan aktif di forum. Beragam kiat, trik atau teknik yang tidak kita ketahui sebelumnya bisa kita temui jika kita aktif di forum yang sesuai dengan niche blog kita.